Minggu, 26 Januari 2014

Manfaat Air Dalam Kehidupan



Manfaat air bagi kehidupan merupakan harga mati untuk kemaslahatan hidup di muka bumi ini. Bagaimana tidak, setiap kebutuhan yang kita jalani membutuhkan air. Air bukan hanya berguna bagi kehidupan manusia karena setiap makhluk hidup hewan maupun tumbuhan sangat membutuhkan air. Tidak terbayangkan jika air di bumi ini tidak ada, bagaimana kita menjalani kehidupan ini? Pada alasan ini akan diulas selengkapnya pentingnya air untuk kehidupan.

Manfaat Air Merupakan Kebutuhan Dasar Makhluk Hidup

Sepertiga bagian bumi yang kita semua tinggali ini terdiri dengan air, itulah kenyataan yang kita yakani bahwa air sangat penting bagi kehidupan. Terdiri dari beragam jenis air yaitu air laut (air asin), air sungai, danau dan kali (air tawar). Keberadaannya pun mengelilingi kehidupan kita baik di lingkungan dan juga dalam tubuh kita. Dalam tubuh kita setidaknya mengandung 70% air di dalamnya, organ penting seperti darah, hati, jantung, paru-paru bahkan otak ini bisa bekerja dengan adanya kandungan air. Air yang ada dalam tubuh merupakan sumber energi yang sangat mempengaruhi aktifitas keseharian yang kita lakukan.
Air yang dibutuhkan organ ini tidak tercukupi maka beban pekerjaan organ tersebut akan lebih berat karena energinya semakin tidak tercukupi. Tubuh yang dehidrasi tidak hanya akan terganggu aktifitasnya namun, dapat sampai menyebabkan kematian. Hal tersebut dapat dilihat dengan tingkat kematian yang terjadi pada daerah yang sulit mendapatkan air bersih, walaupun hanya untuk minum. Manfaat air bagi kehidupan makhluk hidup menempati urutan kedua setelah oksigen karena seseorang mungkin bisa tahan dalam waktu lama dengan minum air tanpa makanan.
Air bagi tubuh ini memberikan pengaturan terhadap sistematisasi metabolisme tubuh, reaksi kimia, reaksi enzimatik. Selain itu, merupakan alat transisi nutrisi yang dibutuhkan organ tubuh dengan darah, sistem limfatik, untuk mengeluarkan toksin dalam tubuh dan masih banyak lagi.

Manfaat Air Bagi Tubuh Makhluk Hidup

Tidak hanya manusia yang memerlukan air untuk kehidupan seperti uraian di atas namun, hewan dan tumbuhan juga sama membutuhkannya. Bahkan untuk berbagai hewan dengan anatomi yang sama dengan manusia ini, pastinga sangat membutuhkan air. Berikut ini merupakan manfaat air bagi tubuh manusia :
  •  Air mengatur suhu tubuh tetap stabil – Keadaan tubuh yang kita rasakan misalnya terasa dingin, panas merupakan pengaruh air dalam tubuh. Pengaturan suhu tubuh ini dilakukan dengan mengeluarkan keringat untuk menyetabilkannya.
  • Air putih untuk kesehatan jantung – Organ jantung ini meruapakan organ penting untuk memompa darah. Bayangkan jika serangan jantung tersebut menyarang pastinya seluruh fungsi organ akan terganggu. Meminu air putih yang cukup sepanjang hari memberikan kesehatan jantung agar kinerja tetap baik. Kebutuhan air putih ini tidak bisa digantikan dengan air kopi ataupun teh karena tidak akan bermanfaat seperti air putih.
  • Sumber ion tubuh – Berbagai macam aktifitas yang kita lakukan membuat organ kelelaha oleh karena itu, sesibuk apapun jangan melewatkan meminum air putih. Air putih akan menggantikan energi ion tubuh yang hilang saat bekerja sehingga tubuh terasa lebih bugar.
Kehebatan manfaat air bagi kehidupan yang kami simpulkan sedikit banyak semoga membuka mata kita untuk kelestarian air bersih di bumi ini. Karena kalau bukan kita, siapa lagi yang akan menjaganya??


sumber : http://blogging.co.id/manfaat-air-bagi-kehidupan

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates